Thursday, November 8, 2007

Ceramah "KIAT TETAP SEHAT DAN BUGAR" dengan Dr. June Luhulima

Siang itu sabtu, 20 Oktober 2007 seperti bulan2 sebelumnya acara tetap DWP KBRI Helsinki adalah pertemuan bulanan dan arisan. Namun kali ini DWP kedatangan tamu istimewa yaitu Dr.June Luhulima seorang dokter Umum senior dari Jakarta yang juga master Physiology. DWP merasa beruntung karena Dr. June Luhulima bersedia menyediakan waktunya untuk memberikan ceramah bagi ibu-ibu disela-sela kesibukannya melakukan study kedokteran di Kuopio salah satu kota di sebelah timur Finlandia.

Dr. June Luhulima yang akrab dipanggil Dr. June memperkenalkan OLAH RAGA HIDUP BARU kepada anggota DWP yang hadir pada saat itu. Namun sebelumnya, dengan menggunakan slide gambar sistem organ tubuh manusia seperti jantung, usus, paru-paru termasuk siklus hidup suatu sel tubuh, Dr.June menjelaskan bahwa jika kita ingin hidup sehat kita harus mengenal apa yang ada dalam tubuh kita dan bagaimana cara kerjanya. Dengan demikian kita dapat menggunakan daya hidup dan menjaganya agar tetap seimbang.

Dr. June menambahkan bahwa pada dasarnya penyebab sakit itu antara lain :
1. Lingkungan
2. Nutrisi
3. Pola Hidup
4. Stress Fisik
5. Stress Psikologis

Jadi untuk mencegah supaya kita jangan sakit kita harus mengetahui faktor2 ini dan menghindari hal2 yang menyebabkan sakit.

Semakin lama suasana ceramah semakin menarik, apalagi tiba pada acara tanya jawab. Erna, salah satu ibu muda bertanya bagaimana mencegah penuaan. Menurut Dr.June untuk mencegah penuaan adalah hindari radikal bebas yang merupakan produk metabolisme. Penangkal dari radikal bebas adalah enzim. Sementara Enzim dibentuk dari makanan dan olah raga yang teratur.

Sementara ibu Ayu Hamid bertanya mengenai pola makan yang sehat dan seberapa besar porsi yang benar.

Pola makan harus mengandung:
- Karbohidrat, terkandung dalam nasi, kentang, roti.
- Protein terdapat dalam susu, daging, keju, ikan , ayam, telur
- Lemak terkandung dalam mentega dan minyak.
- Vitamin berada pada sayur dan buah2an
- Mineral diperoleh dari minum 2 liter perhari
- Olah raga teratur
- Hindari Stress.

Dr. June manambahkan untuk besarnya porsi setiap kebutuhan seseorang akan berbeda satu dengan lainnya. Porsi yg benar adalah dimana seseorang merasa kenyang tetapi tidak kekenyangan.

Tanpa terasa waktu telah menunjukkan pukul 1 siang dan tibalah saatnya Dr.June memperagakan langkah-langkah bagaimana melakukan olah raga hidup baru (ORHIBA) yaitu:
1. Melakukan persiapan menghadap langit biru namun jika kita melakukannya didalam rumah kita hanya membayangkan langit biru pada saat matahari terbit atau matahari terbenam.
2. Angkat tangan kiri kemudian dengan menggunakan jari-jari tangan kanan kita telusuri seluruh tangan kiri kita sambil menyadari bahwa tubuh kita adalah bagian dari alam semesta dan mensyukuri apa yang kita miliki.
3. Sebaliknya dengan jemari tangan kiri kita menyusuri tangan kanan juga sambil menyadari bahwa tubuh kita adalah bagian dari alam semesta. Kemudian kita telusuri seluruh tubuh kita mulai dari kepala hingga kaki.
4. Angkat tangan keatas, tarik dan putar kebelakang sambil menyatakan bahwa kita hidup sehat dilakukan sekitar 200 kali. Olah raga ini sebaiknya dijalankan sehari 3 kali.

Menurut Dr. June dengan metode orhiba ini kita akan menghindari berbagai penyakit dan juga bisa awet muda .... tentu saja kata-kata awet muda selalu di dambakan oleh ibu-ibu ... so ... kenapa kita tidak mencobanya ...??? (Berti Suharto)