Tuesday, February 27, 2007

Demo Membuat Sandwich oleh Ibu Heyke Kuusijarvi

Siang itu pukul 12.00 seperti bulan-bulan sebelumnya DWP mangadakan pertemuan bulanan yang kali ini jatuh pada hari Sabtu tanggal 10 Pebruari 2007.

Acara diisi dengan demonstrasi membuat sandwich yang dibawakan oleh anggota senior DWP yaitu ibu Heyke.
Mungkin semua anggota DWP Helsinki sudah menge
nal siapa bu Heyke …. seorang yang pandai membuat kue …. beliau sering mendapat pesanan dari ibu-ibu KBRI maupun masyarakat Indonesia di Helsinki untuk membuat kue pada acara-acara istimewa seperti ulang tahun dll. Disamping itu hingga saat ini bu Heyke masih bekerja di ”FAZER Restaurant” salah satu restaurant terkenal di Helsinki. Di Finlandia, coklat, kue dan permen Fazer sudah menjadi trade mark salah satu alternatif oleh-oleh dari negara ini. Oleh karena itu "no wonder" kalo bu Heyke punya keahlian dibidang pembuatan kue.


Setelah acara di buka oleh ibu Susi Hermawan ... bu Heyke mulai memperagakan bagaimana membuat sandwich
yang enak dan mengundang selera. Semua tahu bahwa Sandwich adalah salah satu menu utama sarapan yang cepat dan digemari baik oleh orang dewasa maupun anak-anak. Sandwich dapat diisi dengan beraneka ragam isi seperti tuna, daging asap, daging kalkun, ayam grill, telur bahkan hanya sayur-sayuran yang cocok untuk vegetarian. Selain sehat dan bergizi, sanwich cukup mengenyangkan sampai dengan datangnya makan siang.

Ibu Heyke mulai mendemokan kebolehannya. Bermula dari mengiris pinggiran roti tawar, kemudian ditempat terpisah bu Heyke mencampur 5 sendok makan mayones dengan 2 sendok makan mustard timun. Setelah dicampur rata bu Heyke mengoleskannya ke selapis roti tawar.


Selanjutnya kalkun asap (kebetulan yang ada pada saat itu untuk demo adalah kalkun asap) yang berbentuk bundar dilipat menjadi dua dan disusun rapi diatas roti yang telah diolesi campuran mayones dan mustard tadi. Tak lama bu Heike terlihat menyusun irisan timun diatas susunan kalkun. Sandwich ditutup dengan selapis roti yang juga diolesi mayones dan mustard. ….eng ….ing … eng … sandwich yang telah dipotong 4 siap untuk disajikan. Lama pembuatan hanya 5 menit ... wow... suatu hidangan sarapan yang sangat mudah dan praktis.

Pemberian Bingkisan Terima Kasih Kepada Ibu Heyke

Modifikasi dan kreasi dalam pembuatan sandwich tergantung pada selera yang membuat dan juga tergantung dari bahan apa yang tersedia dirumah ... jadi gampang bukan .... selamat mencoba .... (Berti Suharto)








Resep membuat Sandwich

Bahan:

1. Roti tawar
2. Mayones
3. Mustard Timun merk Felix
4.
Aneka sayuran (bisa pilih salah satu), tomat, paprika, timun, daun selada dll.
5. Aneka isi (bisa pilih salah satu):
tuna, daging asap, kalkun asap, telur rebus/scramble eggs, ayam grill, dll